News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SUBSCRIBE INMAGELANG

Tradisi WETON Jawa Untuk Melihat Pasangan Dan Rejeki, Seperti Ini Cara Mudahnya!

Tradisi WETON Jawa Untuk Melihat Pasangan Dan Rejeki, Seperti Ini Cara Mudahnya!

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜


InMagelang.com
- Suku Jawa merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia yang masih begitu kental dengan adat dan juga tradisinya. Dimana termasuk diantaranya adalah hitungan hari mulai dari hari dan pasarannya juga kerap disebut weton.

Weton kerap dianggap sebagai sebuah ramalan. Pada kalender Jawa, satu pekan terdiri atas 7 hari yang diadopsi dari kalender Islam pada lima hari pasaran. Jawa Weton, merupakan gabungan keduanya yang memperlihatkan hari kelahiran seseorang.

Pada biasanya orang Jawa dalam menentukan hari dan juga tanggal kerap sekali mempertimbangkan yang namanya weton Jawa. Termasuk di pernikahan, jodoh juga kerap dihitung mempergunakan weton Jawa berdasarkan tanggal dan pasaran jawanya yang mempunyai arti berbeda-beda.

Dan berikut ini akan kita coba rangkum beberapa ARTI WETON JAWA pada perjodohan. Melalui beberapa keterangan sebagai berikut :

TABLE HARIAN, PASARAN DAN NEPTU

Untuk penghitungnya yang pertama-tama harus diketahui adalah tanggal dan pasaran kalian dan pasangan lahir. Keduanya hasilnya kemudian didapatkan angka seperti pada table di atas mengenai Neptu Hari dan Pasaran, sebelumnya untuk memahaminya berikut ini contohnya : Misal kamu lahir pada 3 Juni 1999 (kamis Wage) dan pacarnya 31 Maret 1996 (minggu kliwon) berarti (8+4)+(5+8)= 25 Yang artinya adalah Sujana. Dan berikut ini table arti total penjumlahannya :

PEGAT ATAU PEGATAN

Dalam bahasa Jawa berarti adalah perceraian. Pasangan ini berkemungkinan bakal kerap mendapati masalah pada kemudian hari usai menikah. Masalah itu bisa dari ekonomi, kekuasan yang membuat perceraian atau perselingkuhan dan lain-lain.

RATU

Identik dengan sosok yang disegani dan dihormati. Jika hasilnya itu adalah ratu, pasangan ini bisa dikategorikan merupakan berjodoh dan cocok. Begitu dihargai dan juga disegani oleh tetangga atau lingkungan sekitar. Bahkan tidak sedikit orang terdekat merasa iri dengan keharmonisannya dalam berumah tangga.

JODOH

Namanya saja juga jodoh, Jika dalam perhitungan hasilnya adalah Jodoh, Pasangan ini memang sudah ditakdirkan berpasangan. Mereka kerap menerima semua kekurangan dan juga kelebihan. Nasib rumah tangga bakal harmonis hingga tua biasanya seperti itu.

TOPO

Pada bahasa jawa bisa diartikan juga Bertirakat. Pasangan ini bakal kerap menjalani masa sulit di awal-awal membangun rumah tangga, akan tetapi di akhirnya bahagia. Persoalan rumah tangga bakal bisa mengenai ekonomi dan yang lain-lain. Akan tetapi usai memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, hidupnya bakal sukses dan juga bahagia.

TINARI

Pasangan ini bakal memiliki kebahagiaan. Kemudahan dalam hal mencari rejeki dan juga biasanya selalu hidup berkecukupan. Hidupnya juga bakal penuh dengan keberuntungan.

PADU

Padu atau juga punya arti di dalam bahasa Jawa cekcok atau pertengkaran. Rumah tangga pasangan ini bakal kerap mengalami pertengkaran dan pertikaian. Meski kerap terjadi hal itu, akan tetapi nasib keluarga ini tidak hingga bercerai. Pertengkaran ini bahkan kadang kerap dipicu hal-hal yang sifatnya sepele.

SUJANA

Rumah tangga ini akan kerap mengalami masalah entah itu ekonomi, percekcokan dan masalah perselingkuhan.

PESTHI

Rumah tangga bakal berjalan harmonis, ayem tentrem, rukun dan juga sejahtera hingga tua. Bisa dikatakan jika ada sedikit masalah akan tetapi tidak akan mengganggu keharmonisan.

Semua hal ini banyak diyakini oleh masyarakat di Jawa, khususnya Jawa Tengah. Pemahaman ini tidak bisa dijadikan pathokan utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dan tentu saja ini tergantung dari sisi kepercayaan masing-masing.

Tags