News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SUBSCRIBE INMAGELANG

Peran Penting Breastfeeding Father

Peran Penting Breastfeeding Father

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜


Health
, inMagelang.com - Hanya ibu yang bisa menyusui bayinya, tetapi ayah juga bisa menjadi breastfeeding father. Bukan menyusui secara harafiah, melainkan membantu pasangan, agar produksi ASI-nya meningkat. Juga agar ibu mampu memberi ASI dalam jangka waktu lebih lama. Dengan demikian, bayi akan mendapat kebutuhan nutrisi yang baik yang penting bagi kesehatannya.

Bukan hanya ibu, Menurut Dr. Utami Roesli, Sp.A, IBCLC, CIMI, peran ayah dalam menyusui juga sangat besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan menyusui pada kelompok ayah yang tidak mengerti ASI hanya 26,9 Persen dibandingkan dengan kelompok ayah yang mengerti ASI sebesar 98,1 persen !

Dalam disertasi berjudul Strategic Roles of Fathers in Optimizing Breastfeeding Practices : A Study in an Urban Setting of Jakarta, Dr. Judhi Astuty Februhartanty, MSc, membuktikan bahwa ayah yang mendukung praktik dan punya pengetahuan yang berhubungan dengan pemberian ASI, memiliki hubungan yang baik dengan ibu. Mereka juga terlibat dalam keharmonisan hubungan pola menyusui tripartit, yaitu antara ayah, ibu dan bayi.

Keterlibatan ayah dalam mencari informasi mengenai pemberian ASI diketahui sebagai faktor yang paling berpengaruh terhadap praktik inisiasi menyusui segera. Sementara keterlibatan ayah dalam pembuatan keputusan mengenai cara pemberian makan anak saat ini serta adanya sikap positif terhadap kehidupan pernikahan adalah dua faktor yang memengaruhi praktik pemberian ASI Eksklusif.

Ini artinya, peran ayah dalam menyusui tidak boleh diabaikan. Begitu besar peran ayah, sehingga di negara maju, selain ibu, mereka juga mendapat jatah cuti dengan jumlah waktu yang berbeda - beda. Tujuannya tak lain agar ayah juga dapat membantu mengasuh bayi.

Bantu Gendong Bayi

Ayah yang membantu merawat bayi ( seperti menggendong, membawa bayi ke ibunya untuk menyusu, atau membantu menyendawakan bayi usai menyusu ), meringankan pekerjaan istri. Menciptakan suasana nyaman saat ibu sedang menyusui bayi ( dengan memijat pundak sang istri atau membawakan minuman bergizi ) dan memijat bayi, dikatakan oleh Dr. Utami, akan membantu meningkatkan pengaliran ASI. Alasannya, ibu merasa tenang, senang, aman, pikirannya pun positif.

"Pikiran positif ibu merangsang kontraksi otot di sekeliling pabrik susu, sehingga mengalirkan ASI ke gudang susu melalui saluran susu." Ungkap Dr. Utami

Saat ayah membantu memijat bayi, produksi ASI ikut meningkat. Penjelasannya, pijat bayi meningkatkan ikatan antara orang tua dengan bayi. Bayi akan lebih dekat dengan ayah dan ibu.

Ikatan kuat antara bayi dan ibu meningkatkan refleks pengeluaran ASI, sehingga volumenya meningkat. Selain itu, pijatan pada bayi akan meningkatkan hormon penyerapan. Makanan lebih cepat diserap, sehingga bayi cepat lapar. Artinya, bayi akan menyusu lebih sering dan lebih banyak. Dengan demikian, jumlah ASI pun meningkat.

Tags