News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SUBSCRIBE INMAGELANG

Pemeliharaan Candi Losari Tetap Berjalan Meski Tutup Selama Pandemi

Pemeliharaan Candi Losari Tetap Berjalan Meski Tutup Selama Pandemi

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜


Magelang Hari Ini
, inMagelang.com - Pemeliharaan candi Losari masih tetap rutin dilakukan meski masih dalam kondisi tutup lantaran pandemi Covid-19.

"Candi-candi kecil di bawah Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah yang ada di Wilayah Magelang sementara ini masih tutup. Termasuk Candi Losari," ujar Juru Pelihara (Jupel) Candi Losari Dusun Losari Salam Magelang, Surahman, Pada hari Minggu 14 Februari 2021.

Surahman tetap berjaga di lokasi Candi Losari termasuk melakukan perawatan rutin meskipun tutup, salah satunya dengan penyemprotan untuk menghilangkan lumut yang menempel di batuan candi.

Di atas Candi Losari sudah ada atap penutup, sehingga jika terjadi erupsi Gunung Merapi tidak ikut ditutup terpal lantaran sudah terlindung.

Candi Losari yang letaknya di bawah permukaan tanah itu dulu selalu tergenang air, lantaran ada mata air di bawah Candi Losari, kemudian pada Desember 2017 di Lokasi Candi Losari dipasangi pipa guna mengalirkan air ke Kali Mendung yang letaknya ada di sebelah selatan Candi Losari.

candi Losari yang ditemukan pada Mei 2004 dan selesai digali pada 2013, berlokasi di dekat gapura gerbang perbatasan Jawa Tengah - DIY, tepatnya di Dusun Losari Desa Salam, Kecamatan Salam. Terpampang tulisan yang merupakan petunjuk arah ke Candi Losari yang hanya berjarak 300 meter dari jalan raya Magelang-Yogyakarta.

Tags