News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SUBSCRIBE INMAGELANG

Menjaga Tradisi Tionghoa Di Magelang Seni Barongsai

Menjaga Tradisi Tionghoa Di Magelang Seni Barongsai

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜


Magelang Hari Ini
, inMagelang.com - Suasana hari raya imlek tidak lengkap rasanya jika tidak menyaksikan kesenian barongsai. Dimana kesenian khas negara tirai bambu china itu memang sangat lekat dengan budaya Tionghoa.

Seperti yang dilansir dari medcom, terdengar suara mesin jahit dari sebuah rumah di Jalan Daha Nomor 36, Kemirirejo, Kota Magelang, Jawa Tengah. Kawasan ini memang dikenal sebagai pusat domisili masyarakat keturunan etnis Tionghoa di kota Magelang.

Pemiliknya adalah Sandi Ironi (64) yang juga seorang pemain dan juga pelatih Barongsai generasi ketiga dari keluarganya.

Tidak heran jika dirinya sangat lihai dan detail dalam menjahit pakaian Barongsai yang sedang diperbaiki.

"Saya itu bisa membuat Barongsai karena diajari oleh kakek. Dari mulai usia saya 5 tahun saya sudah mengenali barongsai," ucap Ayah 4 Anak itu.

"Banyak Perubahan Antara Barongsai Saat Dulu & Sekarang karena Pengaruh MOdernisasi. Menurut Sandi Ironi Perbedaan Paling Mencolok Terhadap Pada Motif Baju Barongsai."

"Dari tahun 1960-an saya sudah bergelut di dunia Barongsai. Barongsai yang dulu kesannya warnanya lebih pucat jika dibanding yang model sekarang, Barongsai sekarang lebih cerah meriah bahkan ada pakaiannya yang bling-bling," ungkapnya

Akan tetapi upaya memodernisasi Barongsai tidak serta merta diikuti oleh minat generasi Tionghoa kepada budayanya. Hal itu terlihat dari jarangnya anak muda yang mau memainkan seni itu.

"Bisa dilihat di kelompok Barongsai saya atau kelompok yang lain, sedikit sekali anak muda Tionghoa yang punya keinginan untuk ikut barongsai. Hal ini akibat dari orang tua yang tidak memberikan pembelajaran kepada anaknya mengenai tradisinya," terangnya

Akan tetapi saya yakin, masih ada banyak diluar sana anak muda di luar etnis yang justru memiliki ketertarikan kepada Barongsai. Kini ia pun rutin melatih anak-anak di Kota Magelang untuk meneruskan tradisi dan budaya para leluhurnya.

Tags