News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SUBSCRIBE INMAGELANG

Koleksi Benda Kesayangan Bikin Hati Senang

Koleksi Benda Kesayangan Bikin Hati Senang

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜


Health
, inMagelang.com - Mengoleksi perangko maupun koin mata uang asing menjadi salah satu kesenangan ( hobi ) yang disukai banyak orang. Apalagi bila dapat tukar menukar benda dengan sesama kolektor. Selain koleksi bertambah, pertemanan pun kian meluas.

Bila Anda sempat menonton film Dear John, pasti melihat satu kesenangan yang dilakukan ayah John ( diperankan oleh Channing Tatum ), yakni mengumpulkan koin. Kesenangan ini sebenarnya juga disukai john. Menurut John, dalam film tersebut, kesukaan pada koin inilah yang bisa membuka perbincangan di antara keduanya.

Koin yang dikumpulkan tidak semata - mata yang bagus saja. Koin yang salah produksi juga tak luput dari kolesinya.

MENGENANG NEGARA LAIN DARI KOIN

Mereka yang suka bepergian ke luar negeri, memiliki kemungkinan besar untuk bisa mengumpulkan koin mata uang dari berbagai negara. "Mulanya saya suka iseng mengumpulkan koin. Awalnya ingin disimpan. Sewaktu - waktu kalau kembali ke negara tersebut, sudah punya banyak recehan," kata Bianca sambil tertawa.

Kebiasaan mengumpulkan koin selama melakukan perjalanan ke luar negeri makin diseriusi. Entah kenapa, dosen di sebuah perguruan tinggi ini merasa senang begitu melihat koin mata uang dari manca negara.

"Suka terbayang negara yang saya kunjungi. Hotel tempat saya tinggal dan daerah wisatanya," imbuh perempuan kelahiran Bogor, 32 tahun lalu ini.

Lambat laun, bukan hanya mengenang negara yang dikunjungi. Ia pun mencari informasi lain tentang sejarah negara tersebut, termasuk budayanya.

Kegiatan tersebut dilakukan saat akhir pekan, ketika ia memiliki banyak waktu luang. Biasanya Bianca mencari informasi melalui Internet. Tanpa disadari kegiatan mengumpulkan koin mata uang manca negara ini menjadi kesenagannya.

PERANGKO POPULER DIKOLEKSI

Benda lain yang juga sering dikoleksi selain koin adalah perangko. Memang sih, dibandingkan beberapa tahun silam sebelum internet menguasai kehidupan manusia, perangko begitu populer.

Banyak orang hobi mengoleksi perangko. Mereka mencari sahabat pena yang tinggal di luar negeri seraya mengejar perangko dari negara tersebut. Senang rasanya kalau mendapat perangko luar negeri. Apalagi bila perangko yang diperoleh tergolong edisi terbatas.

Disebutkan dalam situs Friends of the Western Philatelic Library, mengoleksi perangko menjadi salah satu kesenangan yang paling populer di seluruh dunia. Kenapa harus perangko ? Karena banyak hal dapat dijumpai dari perangko.

Perangko menggambarkan sejarah kejadian, orang, maupun tempat. Perangko pun menjadi batu lompatan yang mudah untuk mempelajari sebanyak mungkin sejarah dunia ataupun lokal.

Perangko membuat belajar menjadi menyenangkan dan Anda mungkin tidak menyadari kalau sedang belajar. Mirip mengunjungi tempat eksotis di berbagai belahan dunia, meski hanya dari ruang tamu atau kamar tidur Anda.

"Waktu sekolah dasar, saya mulai mengumpulkan perangko karena ketularan teman. Sekalian biar bisa tukar - tukaran perangko juga," kenang Syabila.

Kalau tidak menemukan perangko yang bagus, biasanya ia dan teman - temannya membeli perangko di sebuah toko yang khusus menjual perangko.

Kesenangan tersebut terus berlanjut hingga sekarang. Sebelumnya hanya dengan teman - temannya, tetapi sekarang Syabila bergabung dengan banyak orang yang menyukai kesenangan serupa.

BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS

Berkumpul dengan pengoleksi perangko memang menjadi cara yang bagus untuk bertemu lebih banyak orang. Dan yang pasti menjalin pertemanan. Di samping itu, di perkumpulan tersebut, berbagai ide maupun gagasan dapat disalurkan.

Meski sesekali Syabila suka juga mengamati koleksi perangkonya sendiri di rumah. "Saya bisa berlama - lama melihat perangko lama di rumah. Bisa membantu saya mengurangi stres deh." Ujarnya.

Sayangnya, saat ini orang mulai jarang mengirim surat dengan menggunakan perangko. Manusia lebih dimudahkan dengan mengirim surat melalui surat elektronik, yang tidak membutuhkan perangko, sehingga ada kekhawatiran kalau surat berperangko akan hilang.

Meski demikian, penggemar perangko hingga saat ini masih tetap ada. Memang, kebanyakan mengoleksi perangko cukup kuno yang nilainya bisa sangat tinggi.

Tags