News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SUBSCRIBE INMAGELANG

Begitu Dihormati Sampai Ingin Diperbanyak, Ini Dia Fakta Patung Jenderal Soedirman Di Jepang

Begitu Dihormati Sampai Ingin Diperbanyak, Ini Dia Fakta Patung Jenderal Soedirman Di Jepang

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜


INMAWOW
, inMagelang.com - Jika Membicarakan hal tentang Jenderal Soedirman, tentu saja sudah tidak asing lagi namanya, ia adalah salah satu pahlawan besar Indonesia. Beliau merupakan perwira tinggi Indonesia pada masa revolusi.

Sejak masih sekolah, beliau memang sudah terlihat berbeda dari siswa yang lain, karena kehebatannya dalam memimpin organisasi. Ia pun juga dihormati lantaran ketaatan dirinya kepada agama Islam.

Di tengah perjuangannya untuk negara, Jenderal Soedirman terkena TBC yang membuat dirinya jarang tampil di depan publik. Meski begitu, ia terus berjuang sampai dengan titik darah penghabisan sampai pada akhirnya beliau diangkat sebagai Panglima Besar TNI di negara Baru Republik Indonesia Serikat. Akan tetapi sayang sekali pada 29 Januari 1950, beliau akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 34 tahun.

Meski usianya masih sangat muda, akan tetapi sangat besar sekali jasa-jasa Jenderal Soedirman yang tidak pernah terlupakan. Tidak hanya Indonesia saja, rupanya negara Jepang juga begitu menghargai sosok Soedirman. Bahkan patungnya sampai ada di Jepang, lah kok bisa?

HADIAH KEMENTERIAN RI UNTUK KEMENTERIAN JEPANG

Yamataka seorang YouTuber dan jug tikToker yang berasal dari Jepang dan kini menetap di Jakarta pernah mengulas mengenai patung Jenderal Soedirman yang ada di Jepang. Patung itu diletakkan di Lapangan Boueshou. Boueshou jika dalam bahasa Indonesia mempunyai arti Kementerian Pertahanan Jepang.

Patung tersebut rupanya adalah hadiah dari Menhan Indonesia di tahun 2011. Hadiah itu merupakan bukti bahwa kedua negara bersahabat, serta untuk meningkatkan kerja sama pertahanan Indonesia dan Jepang.

MENJADI SATU-SATUNYA PATUNG PAHLAWAN ASING DI JEPANG

Patung gagah Jenderal Soedirman itu terbuat dari perunggu, dan punya tinggi 4 meter. Dan rupanya, patung Jenderal Soedirman yang ada di Jepang itu adalah satu-satunya pahlawan asing yang ada di sana.

Meskipun sudah ada sejak 2011, akan tetapi rupanya keberadaan patung yang sangat disegani itu baru diketahui oleh masyarakat Jepang sendiri dan viral pada tahun 2015.

ORANG JEPANG SANGAT MENGHORMATINYA

Selain merupakan satu-satunya patung pahlawan asing di Jepang, ternyata Patung Jenderal Soedirman ini juga begitu dihormati. Kelompok masyarakat Jepang pecinta Indonesia sering mengadakan upacara peletakan bunga di depan patung tersebut.

Di tahun 2015, Duta Besar Indonesia untuk Jepang juga mendapatkan undangan resmi acara tersebut. Ketika itu panitia pelaksanaan upacara, Fuji Gemki juga menyebutkan bahwa Jenderal Soedirman merupakan figur yang sangat penting dalam sejarah Indonesia dan Jepang.

RENCANANYA AKAN DIPERBANYAK DAN DISEBAR DI BEBERAPA TEMPAT

Salah satu kritikus Jepang, Hideaki Kase yang dikenal merupakan revisionisme historis juga ingin mempererat hubungan Indonesia dengan Jepangan. Salah satunya yaitu dengan membuat patung Jenderal Soedirman itu dan kemudian di taruh di beberapa tempat di Jepang.

Selama ini, masyarakat Jepang kurang begitu bisa menikmati atau melihat patung Jenderal Soedirman itu lantaran letaknya ada di sekitar kantor Kementerian Jepang. Jika ingin melihat, masyarakat harus ijin terlebih dahulu, dan sayang sekali hal itu bukanlah hal yang mudah. Kase berharap kedepannya akan ada patung Jenderal Soedirman dibeberapa tempat di Jepang.

SELALU ADA UPACARA DI DEPAN PATUNG PADA HARI KEMERDEKAAN RI

Setiap hari Kemerdekaan Indonesia, para tokoh penting di Jepang selalu memperingatinya di depan patung Jenderal Soedirman. Di adakan upacara tabur bunga dan juga penyimpanan karangan bunga, hal itu merupakan bentuk dari penghormatan jasa-jasa Soedirman sebagai pahlawan Indonesia.

Itu dia beberapa fakta penting mengenai Patung Jenderal Soedirman di Jepang. Negara Jepang begitu menghormati beliau, sebagai masyarakat Indonesia kita tidak boleh kalah, kita harus menghormati dan mencintai para pahlawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia, mereka sudah berjasa besar sehingga membuat kita bisa mewarisi negara yang mereka usahakan.

Tags