News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini Dia Si Jenius Penemu Mouse Pada Komputer

Ini Dia Si Jenius Penemu Mouse Pada Komputer

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Ini Dia Si Jenius Penemu Mouse Pada Komputer
InMagelang.com, Sosok - Maouse atau yang di Indonesia sering dialihbahasakan denga istilah tetikus, adalah salah satu perangkat terpenting dalam pengoperasian komputer. Fungsi mouse hampir setara dengan papan ketik alias keyboard, yakni untuk mengendalikan jalannya pengoperasian komputer. Alat ini diberi nama mouse atu tetikus karena bentuknya yang menyerupai tikus, yakni lonjong dengan kabel yang menjulur seperti ekor tikus.

Tetikus mengalami perkembngan dalam penggunaannya. Ada mouse yang menangkap gerakan dengan menggunakan bola yang ditempatkan di dalam badan mouse dengan menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih mutakhir tidak lagi menggunakan bola, paling modern mouse tanpa kabel, melainkan menggunakan perantara sinar infra merah, gelombang radio, bluetooth, sampai wireless.

Tokoh jenius yang berhasil menemukan mouse adalah Douglas Engerlbart. Dilahirkan di Oregon, Amerika Serikat, pada 30 Januari 1925, Engelbart adalah anak kedua dari pasangan Carl Louis Engelbart dan Gladys Charlotte Amelia Munson. Keluarga ini Engelbart adalah warga negara Amerika namun memiliki darah campuran Jerman, Swedia, dan Norwegia. Awalnya, Engerlbart bersama keluarganya menetap di Portland kemudian pindah ke Johnson Creek ketika Douglas menginjak 10 tahun. Namun, Engelbert tetap me njalani sekolah di Portland Franklin High Scholl hingga lulus pada 1942 atau ketika ia berumur 17 tahun.

Engelbart kemudian melanjutkan studinya ke Oregon State University (yang nantinya menjadi Oregon State College). Namun, pada akhir Perang Dunia II, ia direkrut oleh Angkatan Laut Amerika Serikat sebagai teknisi radar dan ditempatkan di Filipina. Dua tahun kemudian, Engelbart kembali ke Oregon dan menyelesaikan gelar sarjananya di bidang teknik listrik pada 1948. Engelbart meneruskan pendidikan ke program master di Unversity of California, Berkeley, lulus tahun 1953. Di perguruan tinggi yang sama, Engelbart meraih gelar Ph.D pada 1955.

Pengalamannya bekerja sebagai teknisi Angkatan Laut Amerika Serikat membuat NASA tertarik merekrut Engelbart bergabung dengan Stanfor Research Institute sebagai peneliti. Di sinilah Englebart menjadi salah satu pelopr dalam pengembangan teknologi komputer, termasuk keberhasilannya menciptakan mouse. Engelbart menciptakan mouse pada 1963 dengan menggunakan bahan dari kayu dengan satu tombol. Tetikus pertamna di dunia ini bentuknya lebih besar ketimbang mouse di masa sekarang.

Engelbart mendaftarkan hak paten untuk tetikusnya pada 1967, namun baru pada tahun 1970 ia mengantongi sertifikat hak patennya. Ditahun yang sama, Engelbart meluncurkan perkembangan dari mouse pertamanya, yaknimouse yang dapat melacak posisi X-Y pada layar komputer. Oleh karena itu, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator. Penamaan mouse sendii juga diciptakan oleh Englebart karena kabe; yang menjulur dan tersambung pda komputer membuat alat itu berwujud seperti tikus.

Satetelah mouse yang pertama kali dirilis hanya punya satu tombol, tidak lama kemudian dikeuarkan juga tetikus yang sudah memiliki tiga tombol. Pada tahun 1972, mouse dengan menggunakan bola sebagai media penggeraknya mulai diperkenalkan kepada publik, sedangkan mouse optikal tidak lagi memerlukan bola tercipta pada 1980 kendati saatitu mouse teknologi baru ini tidak begitu populer.

Teknologi mouse semakin mengalami kemajuan dalam perkembangan hingga m encapai level nirkabel. Mouse tidak memerlukan kabel lagi karena dilengkapi dengan media penangkap getaran dengan sinyal tidak terlihat seperti gelombang radio, sinar infra red, maupun bluethooth dam wireless. Bahkan, sekarang ini sudah muncul mouse paling canggih, yaitu fingger mouse yang bisa dikenakan di jari seperti memakai cincin.

Selama satu dasawarsa, yakni dari tahun 1970 hingga 1980, Engelbert menjadi peniliti senior di Tymshare Inc. Setelah sekian lama bekerja untuk perusahaan orang lain, pada 1989 Engelbart mendirikan usaha sendiri. Perusahaan Engelbart yang diberi nama The Bootstrap Institute itu menjadi pusat pengembangan teknologi jaringan komputer yang pada kahirnya nanti memegang peranan yang cukup penting dalam proses perkembangan teknologi informasi yang bernama internet.

Tags