News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini Dia Si Jenius Penemu Kapal Selam?

Ini Dia Si Jenius Penemu Kapal Selam?

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Ini Dia Si Jenius Penemu Kapal Selam?
InMagelang.com, Sosok - Leonardo Da Vinci ( 1452-1519) adalah orang pertama yang merancang sketsa kapal selam. Gagasan awal Da Vinci tentang kapal selam bermula dari ketertarikannya pada arus air. Pelukis Monalisa itu kemudian memperhatikan gerakan ikan yang berenang melawan arus. Dari situlah, ia memperoleh gambaran awal bentuk kapal selam yangdipercaya mampu beraktivitas di bawah air.

Bayangan Da Vinci tentang kapal selam kemudian diejawantahkan oleh Willian Bourne (1535-1582), seorang pakar Matematika yang pernah menjadi anggota Angkatan Lautt Kerajaan Inggris, dengan merancang bentuk kapal selam pada 1578. Meskipun Da Vinci dan Borne tea melakukan gerakan awal dalam konsep pembuatan kapal selam, namun orang tang telah berhasul merealisasikannya adalah Cornelius van Brebbel. Oleh karena itu, orang Belanda inilah yang kemudian diakui sebagai penemu kapal selam.

Nama lengkapnya adalah Cornelius Jacobszoon van Drebbel, terlahir di Alkamaar, Belanda,pada 1582. Pada tahun 1590, atau mengunjak usia 18 tahun, Drebbel menempuh studi di akademi seni di Kota Harrlem. Di akademi itu, ia dididik oleh pakar seni, khususnya seni ukur, seperti Hendrick Goltzius, Karel van Mander, dan Cornelis Corneliszoon. Drebbek menjadi murid kesanyan para gurunya itu. Bahkan, pada 1595, Drebbek menikadi adik salah satu gurunya, Hendrick Goltzius, bernama Sophia Jansdochter Goltzius. Daripernikahan itu, Drebbel dikaruniai 4 orang anak.

Di bawah bimbingan gurunya, Drebbel menjelma menjadi seorang seniman yang cukup terampil dn mulai dipercaya untuk mengaplikasikan kemampuan seninya. Pada 1600, misalnya, Drebbel mendapat proyek untuk membangun sebuah air mancur di Kota Middleburg. Di sana, Drebbel bertemu dengan Hans Lippersher dan Zachrias Jansen, dua konstruktor yang saatitu sedang memuat rancangan teleskop untuk kapal. Dari Lippershey dan Jansen, Drebbel meperdalam pengetahuannya tentang seni bangun dan lensa optik.

Nama Drebbel pun semakin dikenal publik sebagai seniman rancang bangun berbakat. Pada 1604, atas undangan penguasa Kerajaan Inggris, Raja James V, Drebbel bersama keluarganya hijrah ke London. Namun, 6 tahun kemudian, yakni pada 1610, Drebbel pindah ker Praha (sekarang ibu kota Republik Ceko) atas permintaan Raja Rudolf II mangkat, dan Drebbel pun kemudian kembali ke Britania.

Selama beberapa tahun, Drebbel mengembangkan peneliannya tentang seni bangun dan lensa optik dengan lebih serius untuk membuat mikroskop dan telesko. Angkatan Laut Kerjajaan Inggris pun akhirnya dutarik untuk merekrut Drebbel. Di fase inilah, Drebbel terobsesi untuk mewujudkan pembuatan kapl selam yang sebelumnya telah dirancang oleh Da Vinci dan Bourne.

Drebbel mulai mempelajari sketsa kapal selam yang leha dibuat oleh kedua ilmuwan pendahulunya itu, lalu berusaha merealisasikannya. Drebbel mempertahankan prinsip Borne, yakni bahwa kapal selam dapat menyelam apabila tangkinya diisi dengan air, dan jika kapal akan dinaikkan lagi ke permukaan, maka air di dalam tangki harus dikosongkan dulu.

Drebbel menggunakan dayung dalam rancangan kapal selamnya sebagai penggerak. Lubang-lubang untuk tempat daung itu dibuatnya lebih rekat untuk menghindari masuknya iar. Untuk wujud fisiknya, Drebbel menggunakan bahan baku dari besi, meskipun tetap menyertakan kayu sebagai bahan pendukungnya, agar kapal lebih mudah menyelam. Bentuk awal kapal selam Drebbel seperti dua perahu yang saling telungkup dengan dibungkus kulit binatang. Pada 1620, terwujudlah pembuatan kapal selam pertama di dunia.

Perjalanan perdana kapal selam Drebbel dilakukan di Sungai Thames, London, dengan melibatkan d12 orang pendayung. Kapal selam itu berhasul menyelam sedalam 360-450 cm di bawah permukaan sengai selama 2-3 jam. Inovasi kapal selamnya terus dilakukan Drebbel hingga akhirnya ia berhasil menciptakan kapal selam dengan 6 dayung yang bisa menampung 16 penumpang.

Pengembangan kapal selam terbaru oleh Drebbel itu mampu menyelam selama 3 jam dengan kecepatan 18km/kam. Kapal selam tersebut bergerak di dalam air sejauh 4-5 meter, dan jalur pertama yang ditemnpuh adalah dari Westminter ke Greenwich plang pergi. Temuan Drebbel, yang wafat pada 7 November 1633, ini kemudian dikembangkan dari tahun ke tahun dan kini menjadi salah satu peralatan yang sangat vital bagi angkatan laut di berbagai negara di dunia.

Tags