News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Setelah Kampung Warna-Warni, Kini Ada Kampung Topeng, Seperti Apa Keunikannya?

Setelah Kampung Warna-Warni, Kini Ada Kampung Topeng, Seperti Apa Keunikannya?

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Kampung Topeng Malang ( Sumber Gambar @Instagram amazingmalang )
InMagelang.com, Wisata - Malam seperti tidak pernah berhenti memberikan sebuah tempat wisata kekinian yang terlihat menarik jika diabadikan dengan jepretan kamera.

Beberapa tahun belakangan ini, pemerintah Malang sedang merencanakan perubahan kampung-kampung untuk dirubah menjadi lebih menarik supata bisa mengundang para wisatawan, Salah satunya adalah dengan menjadikan kampung itu menjadi kampung tematik.

Jika sebelum-sebelumnya sudah ada kampung 3D, Kampung warna-warni dan juga Kampung Biru Arema, kini di Malang hadir Kampung Topeng yang mana keberadaannya sudah mulai kerap terlihat dan eksis di Instagram.

Kampung Topeng Malang ( Sumber Gambar @Instagram @topengmalangan )

Sesuai dengan namanya, Kampung Topeng adalah kampung yang punya tema topeng. Jadi disini ada kurang lebih sebanyak 1000 topeng yang ada di kampung ini dengan berbagai macam ukuran, warna dan juga bentuk.

Memasuki area kampung topeng, kamu bakal disambut dengan duia topeng raksasa dengan ukuran tinggi 7,5 meter yang berwarna hijau dan putih. Topeng hijau adalah topeng karakter pria dan topeng putih adalah topeng karakter wanita. Di bagian bawah dua topeng raksasa itu ada beberapa macam topeng dengan ukuran kecil yang ditancapkan dan dikolaborasikan dengan tanaman-tanaman hijau.

Kampung Topeng Malang ( Sumber Gambar @instagram @ziqhkii )

Di bagian dalam ada begitu banyak spot-spot yang sangat instagramable, dan kamu bebas berfoto-foto di sana dengan GRATIS. Mulai dari mural dengan bentuk topeng yang ditulis pada tembok-tembok rumah, sampai dengan beberapa topeng yang di pasang di dinding jalanan yang ada di sepanjang jalan kampung ini. Ada juga beberapa spot yang memberikan keterangan nama topeng di bawahnya, sekalian untuk kita belajar lebih mengenai topeng-topeng yang ada di Indonesia.

Kampung Topeng Malang ( Sumber Gambar @instagram @kampung_topeng_malang )

Selain unik karena topengnya, ada hal unik lainnya di kampung ini. Hampir sebagian besar topeng-topeng yang ada di sini rupanya merupakan hasil tangan-tangan kreatif para gelandangan yang berhasil dibina oleh pemerintah setempat.

Pihak pemerintah Malang yang bekerjasama dengan pihak Kementrian Sosial Republik Indonesia berhasil merubah kampung ini yang tadinya dipandang sebelah mata kini menjadi kampung wisata yang membantu perekonomian warga, karena disini kamu bisa membawa pulang topeng yang kamu suka dan membelinya di toko souvenir milik warga.

Kampung Topeng Malang ( Sumber Gambar @instagram @ziqhkii )

Meski kampung topeng ini terbilang baru berusia muda, yaitu baru diresmikan oleh Pemerintah Malang pada Februari 2017 akan tetapi rupanya keberadaan Kampung Topeng ini sudah tersebar kemana-mana dan sudah cukup banyak dikenali oleh para wisatawan luar negeri.

Untuk berwisata dan berkeliling di Kampung Topeng ini, kamu tidak dipungut biaya sepeser pun karena wisata ini gratis. hanya saja, jika kamu membawa kendaraan pribadi, maka kamu bakal dikenai biaya parkir Rp. 3.000,- saja.

Kampung Topeng Malang ( Sumber Gambar @instagram @insta_malang )

Kampung Topeng ini letaknya ada di Dusun Barang Tlogowaru, kedungkandang, Kota Malang. Ketika berlibur kesini jangan lupa juga mampit ke Kampung Wisata yang lainnya seperti kampung 3D, Kampung Warna-Warni dan juga Kampung biru Armea yang jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Kampung Topeng.

Tags