News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Katak Dengan Ukuran 3 kg Ini Bisa Buat Kolam Sendiri Dan Bersiul

Katak Dengan Ukuran 3 kg Ini Bisa Buat Kolam Sendiri Dan Bersiul

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Sumber Gambar @Steemit.com
InMagelang.com, Apakah Kamu Tahu - Perlu kita ketahui jika kata Goliath adalah spesies katak terbesar di dunia yang mempunyai perilaku unik.

Kata jenis ini bisa membangun kolam atau ruang khusus untuk menampung kecebong supaya bisa bertumbuh dengan baik.

Berdasarkan dari sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Natural History ini merupakan yang pertama kali membuktikan perilaku unik itu.

Katak Goliath berasal dari Afrika dan juga merupakan katak dengan ukuran yang besar di dunia.

Bobot Katak ini bisa mencapai 3,3 kilogram dengan panjang 34 sentimeter, jauh lebih besar dari ukuran telapak tangan manusia dan ukuran itu tidak termasuk panjang kaki katak.

Penulis utama studi, Mark-Oliver Rodel dan Marvin Schafer dari Museum Sejarah Alam Berlin mengucapkan, ukuran katak Goliath yang luar biasa berhubungan dengan perilaku khas mereka dalam membangun kolam.

Para ahli mengamati perilaku itu dengan bantuan perangkap kamera timelapse.

Alat ini bisa menangkap momen-momen ketika katak raksasa itu sedang membangun kolam khusus.

Pada sebuah adegan, ahli menyaksikan katak Goliath bisa memindahkan batu seberat dua kilogram.

"Katak Goliath tidak hanya mempunyai ukuran yang besar. Penemuan kami memperlihatkan jika mereka adalah orangtua yang penuh dengan perhatian," ujar Schafer pada siaran pers seperti yang dilansir dari Gizmodo, pada hari Jumat 9 September 2019.

"Mereka membuat kolam kecil di tepi sungai sebagai tempat untuk berlindung bagi telur-telur dan kecebong mereka supaya aman, Kolam ini bisa mencegah arus air yang terkadang cukup deras dan untuk melindungi dirinya dan anak-anaknya dari para pemangsa sungai." imbuh Schafer

Katak Goliath ini hanya hidup di Kamerun dan guinea Ekuatorial. Katak spesial ini tidak hanya bisa membangun kolam sendiri, katak goliath ini juga mempunyai suara yang khas.

Kata ini tidak mempergunakan kantung suara seperti pada katak-katak yang lain, kata goliath ini mengeluarkan suara dengan cara membuka mulut dan bersiul.

Dan sangat disayangkan bahwa katak yang satu ini termasuk merupakan katak yang terdaftar sebagai spesies terancam punah, dengan jumlah yang terus menerus menurun setengahnya dalam satu dekade terakhir.

Tags