News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini Dia Si Jenius Penemu Mesin Ketik

Ini Dia Si Jenius Penemu Mesin Ketik

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Ini Dia Si Jenius Penemu Mesin Ketik
InMagelang.com, Sosok - Secara teknis. Mesin ketik dan keyboard komputer mempunyai kata kunci yang sama. Di masa sekrang kata kunci bernama Q-W-E-R-T-Y- itu sudah diadopsi untuk keypad telepon genggam. Jika dicermati Q-W-E-R-T-Y sebenarnya adalah susuan huruf yang terletak di sudut kanan papan ketik pada mesin ketik, keyboard komputer, atau leypad pada handphone.

Letaknya berada di bawah susunan angka 1 sampai 6 dan bersih disebelah tombol Tabs. Bah, siapakan orang yang merumuskan susunan huruf Q-W-E-R-T-Y itu? Sosok jenius tersebut sama dengan orang yang telah berjasa menemukan mesin ketik modern yang m engjadi cikal-bakal terciptanya kerboard dan kerpad.

Christopher Latham Sholes adalah orang yang dimakdus, sang penemu mesin ketik modern dengan susunan huruf-huruf di papan ketiknya yang efektif itu. Sholes dilahirkan 14 Februari 1918 di Mooresburg, Pennsylvania, Amerika Serikat. Menginjak usia ramaja Sholes pindah ke Dnville untuk bekerja sebagai magang di perusahaan percetakan.

Christopher Sholes adalah adik dari Charles Sholes, seorang pemilik perusahaan surat kabar dan politisi ternama di Wisconsin. Charles Sholes pernah terpilih sebagai anggota mejalis legislatif Wisconsin  dan menjabat sebagai Wali Kota Kenosha, sebuah daerah yang termasuk ke dalam wilayah negara bagian Wisconssin.

Pada 1837, Sholes bergabung dengan surat kabar The Telegraph Kenosha yang bermarkas di Milwaukee, Wiskonsin. Sholes pindah ke purahaan suart kabar lain di Wisconsin, Telegraph Southport, pada 1845 di masa ia dipercaya sebagai duduk sebagai editor. Seolah mengikuti jejak kakaknya yang sukses di bidang industri pers dan politik, Sholes juga mulai merambah dunia politik.

Hasilnya, ia terpilih sebagai walikota Wisconsin State Senate selama 2 periode, yaitu pada 1848-1849 dan 1856-1857. Selain itu, ia juga tercatat sebagai anggota Wisconsin State Assembly para periode 1852-1853. Sebagai politisi, prestasi Sholes cukup gemilang, salah satunya adalah keberhasilannya menupayakan penghapusan hukuman mati di Wisconsin

Sementara itu, akticitasnya di bidang percetakan, juga di penerbitan surat kabar, memacu Sholesuntuk menyempurnakan sebuah mesin yang mampu menghasilkan tulisan dengan lebih cepat dan rapi. Selama ini Sholes merasa kewalahan apabila banyak pekerjaan tulis-menulis yang harus digarapnya, dan olehkarena ia berusaha untuk membuat peralatan yang bisa meringankan tugasnya.
Alat yang kemudian dikenal  sebagai mesin ketik itu sebenarnya sudah diupayakan pembuatannya sejak era sebelum Sholes. Pada 1714, seorang bernama Henry Mill telah memulainya dan dilanjutkan oleh beberapa upaa lainnya hingga memasuki abad ke-17.

Namun, Sholes tetap tercatat sebagai orang pertama yang berhasil menciptakan mesin ketik modern dan sukses secara komersial. Sholes mematenkan mesin ketik ciptaanya pada 1869, mesin ketik ciptaan Sholes diproduksi oleh Remintin & Sons, perusahaan uang juga memproduksi senjata api, mesin jahit, dan alat-alat pertanian, pada 1873 di mana Sholes menjual setengah dari hak patennya dengan harga 12.000 dollar.


Dalam menciptakan mesin ketiknya, Sholes dibantu oleh rekan-rekankerjanya, antara lain Caros Glidden dan Samuel Soule. Mulanua huruf-huruf yang terdapat pada papan ketik di susun sesuai abjad, A-B-C-D-E dan seterusnya. Namun, Sholes kemudian merasakan kesulitan dengan susunan huruf itu manakal ia harus mengetik cepat.

Susunan huruf tersebut malah membuatnya sering mengajalami salah ketik karena beberapa huruf justru bertumpukan ketiak diketik. Sholes lalu mencoba merevisi mesinketiknya dengan dibantu oleh beberapa orang mitra kerjanya, termasuk James Densmore yang meyarankan kepada Sholes agar menata ualng susunan huruf pada papan ketik.

Akhrinya, pada 1875, Sholes dan timnya berhasil memecahkan masalhnya dengan menguibah sususnan hurf-huruf fi papan ketik. Huruf-huruf yang paling umum diposisikan tidak terlalu dekat sehingga todak akan saling berbenturan. Pengaturan huruf yang baru itluah yang kemudian di kenal dengan istilah Q-W-E-R-T-Y dan masih digunakan sampai sekarang. Rumusan susunan huruf itu kemudian dipatenkan pada 1878.

Ternyata, banyak orang yang berminat menggunakan mesin ketik yang semakin mempermudah pekerjaan menulis itu dan inilah bukti kesuksesan komersial yang diraih Sholes berkat mesin ketiknya. Pada 17 Februari 1890. Christopher Latham Sholes wafat setelah 9 tahun berjuang melawan penyakit tuberculosis yang dideritanya.

Tags