News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Galeri Patung Di Bawah Laut, Patung Molinere

Galeri Patung Di Bawah Laut, Patung Molinere

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Patung Molinere ( Sumber Gambar )
InMagelang.com - Grenada merupakan nama dari sebuah negara kepulauan kecil yang terletak di Laut Karibia, kawasan laut yang terletak di sebelah timur Benua Amerika. Jika dulu Laut Karibia sangat dikenal merupakan sarang bajak laut, maka di masa kini Laut ini sangat dikenal merupakan surga dunia untuk orang-orang yang mau bersantai dan menikmati teriknya matahari dan deburan ombak.

Akan tetapi hal yang bisa dinikmati oleh orang-orang yang berkunjung ke Grenada tidak hanya itu. Pasalnya di negara ini pulalah, terdapat salah satu wahana atraksi bawah laut yang sangat unik yang pernah ada. Wahana itu merupakan Taman Patung Bawah Laut Molinere yang ada di Teluk Molinere, Grenada Barat.

Patung Molinere ( Sumber Gambar )

Untuk pertama kalinya wisata ini dibuka pada tahun 2006, taman patung bawah laut Grenada ini juga menjadi yang pertama kalinya ada di dunia. Cukup mencengangkan untuk mengetahui jika tempat wisata bawah laut ini masih berusia sangat muda mengingat patung-patung yang diperlihatkan di dalamnya rupanya seperti patung kuno yang terendam cukup lama.

Taman bawah laut ini sendiri didirikan oleh Jason deCaires Taylor yang berprofesi sebagai fotografer bawah laut, pematung, dan pelestari lingkungan. Sahabat InMagelang.com untuk tau nggak, untuk membuat patung-patung ini, Taylor mempergunakan bahan baja dan beton yang kemudian direkatkan di bagian dasar laut agar patung itu tidak berubah posisi ketika terkena guncangan. Untuk 1 patungnya bahkan diketahui punya bobot seberat 15 ton.

Karena lokasinya ada di bawah laut, maka patung ini hanya bisa dikunjungi oleh para penyelam dan perenang snorkel. Akan tetapi ada juga beberapa patung yang bisa dinikmati dari permukaan lantaran patung-patung yang dimaksud hanya mempunyai jarak kurang dari 2 meter dari permukaan laut.

Layaknya patung-patung yang dibuat oleh para seniman profesional, patung-patung yang dibuat oleh Taylor mempunyai makna tersendiri dalam setiap patungnya. Vicissitudes misalnya, patung yang punya jarak 5 meter dari permukaan laut ini memperlihatkan sosok anak-anak yang saling bergandengan tangan dan membentuk lingkaran.

Vicissitudes dibangun seperti itu dan menyimbolkan perubahan alamiah yang dialami oleh patung kala mahkluk-mahkluk lauut menjadikan patung ini sebagai tempat tinggal baru mereka. Layaknya anak-anak yang bertambah usianya bakal beradaptasi pada lingkungan sekitar mereka.

Contoh lain bisa juga ditemukan di Grace Reef yang memperlihatkan 16 sosok wanita yang sedang berbaring di dasar laut. karena Grece Reef mempunyai postur yang rendah, patung yang bersangkutan mempunyai peluang lebih tinggi untuk terkubur oleh lumpur dan pasir dasar laut.

Akan tetapi itulah tujuan awal Grece Reef dibuat. Grace Reef dimaksudkan untuk menyimbolkan perubahan yang terjadi secara alamiah. Entah lantaran patung itu terkubur oleh pasir dasar laut sebelum kemudian tersibak kembali, atau karena menjadi tempat tinggal baru untuk terumbu karang.


Selain Vicissitudes dan juga Grace Reef, masih ada banyak sekali desain-desain patung-patung yang menarik lainnya. Mulai dari Sienna (yang memperlihatkan sosok manusia dengan badan menyerupai jalinan kerangka beton), The Fall from Grace (Patung pengendara sepeda), sampai dengan The Lost Correspondent (patung yang memperlihatkan seorang pria di depan mesin tik).

Tags