News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cari Tau Lebih Lagi Tentang Desa DeMIT

Cari Tau Lebih Lagi Tentang Desa DeMIT

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Wisata Alam Desa Dermaji ( Sumber Gambar )
InMagelang.com, Berita - Kabupaten Banyumas terus berupaya untuk meningkatkan kemandirian desa dengan memanfaatkan adanya informasi dan teknologi, khususnya yang ada di desa terpencil yang ada di wilayah pegunungan dan perbukitan.

Desa Dermaji yang ada di ujung barat Banyumas ini memanfaatkan ketersediaan teknologi informasi untuk mengembangkan desa mereka. Dengan inovasi, Desa Dermaji Melek Informasi dan Teknologi atau yang biasa disingkat Desa DeMIT, dimana desa ini bisa memanfaatkan website sebagai media informasi.

Bupati Banyumas Achmad Husein memberikan penjelasan, website desa merupakan sebuah platform yang memungkinkan berbagi informasi penting yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk diperlihatkan, dengan cara yang mudah, cepat dan murah.

"Kita memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan dukungan kepada tata kelola sumber daya desa, baik SDA ataupun SDM, tata kelola pelayanan publik dan peningkatan partisipasi warga desa," ujar Achmad Husein beberapa waktu lalu seperti dikutip dari menpan.go.id.

Desa Dermaji Melek Informasi dan Teknologi atau Desa DeMIT ( Sumber Gambar @menpan.go.id )

Sebelum adanya inovasi ini, Desa Dermaji menghadapi 2 tantangan yang besar dalam hal pembangunan desa. Pertama, belum dikenalnya potensi desa secara keseluruhan, sehingga dukungan dari beberapa sumber daya pun masih belum bisa optimal. Kedua, pelayanan publik yang dilakukan masih belum efektif dan juga efisien.

Letak Desa Dermaji yang paling terpencil menjadikan potensinya tidak banyak dikenali, baik pihak supra desa ataupun publik secara umum. Kondisi seperti ini menjadikan proses pembangunan desa berlangsung cukup lambat.

Pemanfaatan website desa informasi diharapkan bisa meningkatkan dukungan dari beberapa pihak dan memperkuat media sosial.

"Inovasi Desa DeMIT begitu membantu upaya percepatan pembangunan desa. Melalui website desa, informasi bisa segera tersebar dan diketahui oleh masyarakat. Website desa begitu relevan untuk Desa Dermaji, dalam rangka meningkatkan dukungan dan juga kepercayaan dari masyarakat," ucapnya

Dengan adanya website desa, potensi wisata Desa Dermaji, yaitu wisata alam Wanasuta dan juga museum desa sekarang ini mulai banyak diketahui oleh publik.

"sehingga Desa Dermaji kerap dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata. Selain potensi, produk desa Dermaji pun juga mulai banyak dikenali, baik produk kerajinan tangan ataupun produk makanannya," pungkasnya

Tags