News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Nasehat Jawa Penuh Dengan Makna & Pelajaran Hidup

Nasehat Jawa Penuh Dengan Makna & Pelajaran Hidup

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Wayang (sumber gambar)
inMagelang.com - Kata-kata nasehat jawa kerap dijadikan sebagai pedoman untuk sebagian orang jawa. Di beberapa kata mutiara itu juga kerap menjadi sebuah kata-kata motivasi yang mana kata-kata itu punya makna kehidupan yang begitu mendalam.

Kata-kata berikut ini sangat baik untuk dijadikan sebuah nasehat.

Kita semua sepakat jika Bahasa Jawa punya karakter yang unik dan halus. Di dalam bahasa Jawa juga ada adab yang wajib untuk disesuaikan dengan siapa kata itu kita ucapkan.

Bahasa yang dipergunakan bakal berbeda artinya ketika dibicarakan kepada orang tua dan teman sebaya. Unggah ungguh atau tata krama dalam Bahasa jawa sangatlah dijunjungi tinggi.

Kata-kata nasehat Jawa ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai petuah untuk orang Jawa saja. Akan tetapi bisa juga diambil pelajaran yang baik untuk kita semuanya.

Dan perkembangan jaman membuat Bahasa Jawa kini sudah mulai bisa dipelajari dengan mudah dan dipelajari oleh banyak kalangan.

Berikut ini langsung ya sobs inMagelang, beberapa kata-kata atau nasehat Jawa yang sangat penuh dengan makna dan ada juga pelajaran hidup :

  • Surya dira janingrat, lebur denning pangastuti; Segala sifat keras hati, angkara murka, hanya bisa dikalahkan oleh sikap bijak, sabar dan lembut.
  • Sepiro gedhine sengsara yen tinampa among dadi coba; Seberapapun masalah yang besar jika diterima dengan lapang dada lapang dan ikhlas maka hanya menjadi cobaan yang ringan.
  • Sak apik-apike uwong yen awihe pitulong kanthi cara dedemitan; Sebaik-baik orang adalah orang yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi.
  • Gusti Allah mboten sare; Allah tidak tidur. Jadi, apa yang dilakukan semuanya tidak lepas dari pengamatan yang Maha Kuasa.
  • Aja Mbedakke marang sapadha-padha; Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.
  • Natas, nitis, netes; Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan tuhan kembali.
  • Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana; Bersikap baik untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup.
  • Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan; Tuhan itu dekat meski kita tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.
  • Alam iki sejatining Guru; Alam adalah guru yang sejati.
  • Mohon, mangesthi, mangastuti, marem; Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.
  • Urip kang utama, mateni kang sempurna; Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan dikehidupan selanjutnya.

Semoga bermanfaat ya sobs... bantu dishare juga yapp... biar yang lain juga tahu.

Tags