News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini Dia Kerusuhan Paling Buruk Yang Memakan Banyak Korban

Ini Dia Kerusuhan Paling Buruk Yang Memakan Banyak Korban

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Sumber Gambar @attwiw.com
InMagelang.com - Semoga kerusuhan tidak ada lagi di Dunia ini, dan semoga negara Indonesia selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa.

Di dunia, ada banyak sekali kerusuhan yang pernah terjadi dan juga bisa dibilang sangat tragis. Tragis karena ada korban yang berjatuhan dan angkanya ratusan bahkan puluhan ribu.

Penyebab dari kerusuhan-kerusuhan tersbeut tentu saja beraneka ragam. Mulai dari agama, diskriminasi, ketidakadilan sampai dengan beberapa hal yang lainnya.

Dan berikut ini ada beberapa kerusuhan yang pernah terjadi di dunia ini dan memakan korban yang cukup banyak.

NIKA RIOTS

Sumber Gambar @wbur.com

Ada banyak korban berjatuhan dalam tragedi ini dan kabarnya mencapai sebanyak 30.000 jiwa. Kejadian ini terjadi di Kota Kostantinopel pada 13 Januari tahun 532. kerusuhan besar itu dipicu kerusuhan kecil, dan kerusuhan tersebut dimanfaatkan sebagai kesempatan guna untuk menggulingkan kekaisaran Yustinianus. Selain banyak korban jiwa, nyaris setengah bagian kota ini terbakar.

FIRST INTIFADA

Sumber Gambar @attwiw.com

Bisa dibilang ini merupakan sebuah kerusuhan yang menjadi awal mula pertikaian Palestina dan Israel, kericuhan yang terjadi pada tahun 1987-1993 ini sudah menelan korban kurang lebih sebanyak 2362 jiwa.

REVOLUSI RUMANIA

Sumber Gambar @barcelona.cat

Warga Rumania yang tidak suka dengan keputusan Nicolae Ceaucescu mengenai ekspor semua barang dan kemudian menukar dengan mata uang internasional.

Keputusan itu dirasa adalah sebagai keputusan yang membuat warga rugi dan membuat kemiskinan dan kekurangan bahan kebutuhan umum. Hal itu memancing masyarakat Romania untuk demo sampai terjadi kerusuhan dengan skala yang sangat besar. 1014 orang kehilangan nyawa karena kerusuhan yang terjadi pada tahun 1989 itu.

MUMBAI RIOTS

Sumber Gambar @www.openthemagazine.com

Dari Desember 1992 hingga Januari 1993 merupakan rentang waktu di mana Kota Mumbai sedang mengalami gejolak. Di catat kurang lebih ada 900 orang tewas lantaran kerusuhan yang berlangsung selama 1 bulan itu.

Kerusuhan Mumbai ini dipicu oleh pembongkaran masjid babri di Ayodhya oleh kaum Hindu. Rasa tidak percayanya terhadap umat Muslim kepada pemerintah terhadap perlindungan untuk masjid, menjadikan suasana pun semakin panas. Kejadian yang dilatabelakangi agama ini merengguh banyak nyawa dari kedua belah pihak yang berseteru.

SOWETO UPRISING

Sumber Gambar @www.ngopulse.org

Awal mula kerusuhan ini merupakan ketidakadilan pemerintah kepada bangsa kulit hitam. Seorang kulit hitam yang mau sekolah dikenakan biaya atau harus membayar pahak yang sangat mahal, sementara untuk warga kulit putih tidak melakukan hal demikian.

Hal itu lantas membuat kaum kulit hitam banyak dirugikan dan pada akhirnya menjadi penyebab kerusuhan dan bentrok dengan pihak berwenang. kerusuhan ini terjadi pada 16 Juni 1976 di Soweto, Afrika Selatan. Korban atas kerusuhan ini tercatat ada kurang lebih sebanyak 600 jiwa.

Tags