News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kamu Pasti Tau, Pria Ini, Dia Adalah Perintis Microsof!, Yuk Simak Sejarahnya

Kamu Pasti Tau, Pria Ini, Dia Adalah Perintis Microsof!, Yuk Simak Sejarahnya

👍 Biasakan membaca artikel sampai selesai yappp man teman 😍 🙈, dan biasakan membaca dulu baru berkomentar 😅. supaya tidak ada dusta di antara kita, xixixi 🙏 😜
Sosok, InMagelang.com - Sejarah perkembangan komputer tidak bisa mengabaikan nama Bill Gates. Bersama Microsoft Coorporation yang didirikannya, Gates menorehkan tinta emas dalam upaya memasyarakatkan komputer sebagai teknologi paling mutakhir namun tetap merakyat. Ya, Windows yang menjadi salah satu produk unggulan Microsoft berkembang pesat menjadi sistem operasi komputer yang paling populer dan terbanyak digunakan di dunia.

Cara penggunaan yang mudah dengan fasilitas lengkap menjadi keunggulan Windows jika dibandingkan dengan sistem komputer lainnya. Maka dari itu, bukan hal yang mengherankan jika Windows masih merajai dunia perkomputeran hinga saat ini. Berkat Microsoft dan Windows, Bill Gate pun meraih langit-langit kejayaan dan termasuk salah satu orang terkaya di dunia.

Nama asli salah tokoh super jenius di abad-21 ini adalah William Henry Gates III manum lebih kondang dengan nama Bill Gates saja. Gate lahir di Saettle, Washington, Amerika Serikat, pada 28 Oktober 1955. Ayahnya, William Gates II, adalah berprofesi sebagai seorang advokat, sementara Mary Maxwell, sang ibunda adalah seorang pengajar sekaligus aktivis sosial.

Gates dikenal sebagai anak yang cerdas sejak usia belia. Namun, semangatnya yang menggebu-gebu justru memberikan masalah tersendiri baginya di sekolah. Orang tua gates menyadari keistimewaan sang anak dan akhirnya memutuskan untuk memasukkan Gates ke Lakeside School, sekolah paling elit di Seattle yang dikhususkan untuk anak laki-laki.

Semasa di sekolah inilah Gates mulai bersinggungan dengan kotak ajaib bernama komputer, tepatnya ketika usianya menginjak 13 tahun. Gates mampu menguasai teknik pengoperasian dan bahasa pemrograman komputer yang dikenal sangat rumit dengan cepat. Pergaulannya dengan para penggila komputer, bahkan hacker, juga semakin menambah pengetahuannya tentang komputer.

Pada 1973, Gates melanjutkan studinya ke Universitas Harvard. Sesuai minatnya, Gates memilih jurusan pemrograman komputer. Di masa-masa kuliah ini, ia mengembangkan bahasa pemrograman BASIC untuk komputer mikro yang pada saat itu bernama MITS Altair. Rupanya ruang kelas perkuliahan tidak mampu menampung talenta Gates yang meluap-luap. Gates memutuskan untuk meninggalkan kampus dan bersama karibnya, Paul Allen, ia mendirikan Microsoft Coorporation, perusahaan penyedia perangkat lunak (software), pada 1975.

Bersama Microsoft, duet Gates-Allen meluncurkan bahasa pemrograman BASIC yang telah dirintis sejak kuliah. Selain itu, Microsoft juga menghasilkan Altair 8800, yang disebut-sebut sebgai komputer pribadi pertama di dunia. Sebenarnya, baik BASIC maupun Altair 8800 bukan murni lahir dari gagasan Gates, ia hanya memadukan dua gagasan besar itu menjadi kesatuan yang sempurna.

Sementara pada 1980, sebuah perusahaan komputer raksana bernama IBM telahmembuat PC (personal computer). Para petinggi IBM yang melihat potensi Gates kemudian merangkul Microsoft untuk membuat sistem operasi yang akan digunakan di PC keluaran IBM itu. Gates kemudian mengakuisisi sistem A-DOS dari Seattle Computer Products untuk disempurnakan. Pada Agustus 1981 PC produksi IBM pun diluncurkan dengan menyertasakan DOS dari Microsoft sebagai sistem operasinya.

Kolaborasi apik yang dibangun IBM dan Microsoft ternyata memantik persaingan. Apple Computer, salah satu pesaing IBM, meluncurkan Macintosh pada awal tahun 1984 dengan maksud untuk menggoyang DOS selaku sistem operasi komputer yang mulai di gemari khalayak. Gates segera bersikap, ia bergegas menyiapkan senjata baru. Akhirnya, pada Mei 1990, Microsoft mengeluarkan produk anyarnya yang jauh lebih canggih ketimbang DOS. Kompetitor Macintosh yang di buat Gates ini diluncurkan dengan nama Microsoft Windows 3.0.

Dekade 1990-an juga menandai dimulainya era internet. Sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi mulai unjuk gigi dengan produk yang bertautan dengan dunia online.

Gates agak kelabakan karena internet masih menjadi hal yang relatif baru baginya. Namun, ia tidak tinggal diam dan segera menyibukkan diri dengan rutinitas riset untuk menghasilkan sesuatu yang bisa diandalkan di jalur internet. Kerja keras Gates membuahkan hasil pada 1996 di mana Microsoft dengan mantap ikut berkubang di arus besar internet. Sekarang, Microsoft telah menjadi penyedia boser web terbesar di sunia.

Kegemilanagn yang dicapai Microsoft tak pelak berimbas langsung bagi kehidupan Gates. Namanya pun tercatat sebagai tokoh utama yang paling berpengaruh dalam industri komputer saat ini. Tidak hanya itu, Bill Gates, dan juga Paul Allen, termasuk dalam daftar orang paling kaya sejagat raya.

Tags