Ada Yang Tau Ini Fungsinya Buat Apa Dalam Film?, Yuk Di Kepoin!

shares |

ClapparBoard
InMagelang.com - Mungkin beberapa diantara kalian masih ada yang belum tau apa nama papan ini, mengapa selalu ada dalam sebuah pembuatan film?, dan apa fungsinya. mengapa sutradara sangat butuh papan ini ketika sedang shooting sebuah film.

Papan yang mimin InMagelang.com maksud adalah Clapper Board, ya papan itu namanya adalah ClapperBoard, papan yang selalu muncul dalam sebuah penggarapan sebuah film atau pun sinetron atau bahkan juga dalam sebuah vlog.

Apakah Kamu Tahu, fungsi dari Clapparboard itu sendiri?, Clapperboard merupakan sebuah perangkat untuk membantu dalam sinkronisasi gambar dan suara dan juga untuk memilih dan juga menandai adegan tertentu selama proses produksi. Suara 'ctek' pada Clapperboard itu membuat gambar dapat diidentifikasi dengan sangat mudah pada jalur audio.

Apa Itu ClapparBoard?

Di waktu kita merekam dengan mempergunakan kamera video perekam, gambar dan juga suara memang akan selaras lantaran direkam pada pita yang sama. Akan tetapi, kala membuat sebuah film, gambar-gambar dan suaranya direkam kadang secara terpisah. Gambar direkam pada film dengan kamera, sementara untuk suara direkam ke dalam tape perekam analog digital yang terpisah. Lantaran gambar dan juga suaranya direkam pada 2 bagian yang berbeda, kita membutuhkan cara untuk bisa menyelaraskannya. Saat seperti inilah ClapperBoard begitu dibutuhkan keberadaannya.

ClapperBoard merupakan cara tradisional untuk bisa menangani proses penyelarasan atau sinkronisasi. Bagian bawah Clapper Board biasanya berupa papan yang dipergunakan untuk menulis adegan dan juga angka. Informasi inilah yang kemudian bisa membantu untuk mengidentifikasi pengambilan gambar selama proses editing film nanti.

BAGIAN-BAGIAN PADA CLAPPER BOARD

ClapparBoard

Usai mengetahui fungsi clapperboard kita sekarang harus tahu bagian-bagian dari ClapperBoard itu : 

Scene: Peletakan nomor adegan yang tertera pada skenario.
Take: Menunjukan jumlah take yang dipakai.
Sound: Kotak ini menunjukan apakan adegan yang sedang digarap mengunakan sound atau tidak.
Prod: Judul Film
Dir: Nama Sutradara
Date: Tanggal syuting
Camera: Nama penata kamera
Int dan Ext: Adegan dilaksanakan di dalam atau di luar

Selain Clapper Board yang tidak umum diatas, ada juga Clapper Board yang sangat umum dipergunakan kayalak ramai atau sangat umum. Clapper Board yang umum ini meletakkan judul pada bagian paling atas. Kemudian pada bagian bawahnya ada 3 Kotak Besar untuk film yang sedang direkam dengan digital dan 4 kotak besar jika direkam dengan pita film.

ClapparBoard

Kotak itu berisikan Scene, shot, dan take. Sedangkan untuk yang 4 kotak biasanya ada tambahan roll di paling kiri. pada bagian bawah ada bagian prod, sutradara, kameraman dan juga tanggal. Pada bagian pojok bawah juga biasanya ada penjelasan mengenai tempat dan waktu dengan tulisan int/ext dan day/night.

Dan untuk bisa mendapatkan lebih jelasnya mengenai Clapperboard kamu bisa deh nih simak video dibawah ini :



Meskipun terlihat merupakan hal yang sepele, akan tetapi ternyata Clapper Board punya peran yang begitu penting. Dengan adanya ClappaerBoard, maka proses editing akan menjadi lebih mudah, lancar tanpa adanya kendala.